KISI-KISI SOAL
Jenjang
: SD KurikulumAcuan :Standar Isi /2006
Mata
Pelajaran : Matematika Bentuk/JumlahSoal : Pilihan Ganda/40
Kelas
:
No
|
Standar Kompetensi/ KompetensiDasar
|
Kelas/
Semester
|
Materi/ Kompetensi yang
Diujikan
|
Indikator
|
|
1
|
Bilangan
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
1.1. Menentukan
letak bilangan pada garis bilangan
|
Menentukan
letak bilangan pada garis bilangan
|
·
Siswa
dapat menentukan letak suatu bilangan
pada garis bilangan yang belum
diketahui.(
loncat 6)
|
||
1.2 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga
angka
|
|
Penjumlahan
bilangan tiga angka menyimpan satu kali.
|
·
Siswa
dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan tiga angka dengan
sekali menyimpan
|
||
Penjumalahan
dan pengurangan bilangan tiga angka
|
·
Siswa
dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga angka.
|
||||
1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
|
|
Perkalian
bilangan dua angka dengan dua angka
|
·
Siswa
dapat menentukan hasil perkalian
bilangan dua angka dengan bilangan dua angka yang hasil tiga angka.
|
||
Pembagian
bilangan tiga angka
|
·
Siswa
dapat menentukan hasil pembagian
bilangan tiga angka.
|
||||
1.4 Melakukan operasi hitung campuran
|
|
Operasi
hitung campuran
|
·
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran yang terdiri dari
penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. (hasil kurang
dari 500)
|
||
|
·
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran yang terdiri dari
pengurangan, perkalian dan pembagian. (hasil kurang dari 500)
|
||||
|
1.5 Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang
berkaitan dengan uang
|
|
Menyelesaikan
soal cerita berkaitan dengan uang
|
·
Siswa
dapat menentukan hasil penjumlahan nilai mata uang dalam bentuk soal cerita.
|
|
2
|
Geometri dan Pengukuran
Menggunakan
pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
2.1 Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan, atau jam)
|
III/1
|
Mrngenal
alat ukur berdasarkan fungsinya
|
·
Siswa
dapat memilih alat ukur panjang sesuai dengan fungsinya
|
|
2.2. Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
|
|
Menggunakan
alat ukur waktu dalam
pemecahan masalah.
|
·
Disajikan gambar jam siswa dapat menentukan lama kegiatan.
|
||
2.3 Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan
panjang, dan antar satuan berat
|
|
Hubungan
antar satuan waktu
|
·
Siswa
dapat menentukan hasil penjumlahan dua satuan waktu.
|
||
Hubungan
antar satuan berat
|
·
Siswa
dapat menentukan hasil pengurangan dua satuan berat dalam bentuk soal cerita.
|
||||
3
|
Bilangan
Memahami
pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
3.1
Mengenal pecahan sederhana
|
III/2
|
Mengenal
lambang bilangan pecahan sederhana
|
·
Siswa
dapat menentukan lambang bilangan
pecahan sederhana dari bagian gambar yang diarsir.
|
|
·
Siswa dapat menentukan gambar yang menggambarkan nilai pecahan tertentu.
|
|||||
3.2
Membandingkan pecahan sederhana
|
|
Perbandingan
lambang bilangan pecahan
|
·
Siswa
dapat membandingan beberapa lambang bilangan pecahan yang berbeda
penyebutnya.
|
||
·
Disajikan
3 gambar siswa dapat membandingkan pecahan sederhana.
|
|||||
Mengurutkan
lambang bilangan pecahan
|
·
Siswa dapat mengurutkan 4 bilangan pecahan yang berpenyebut
sama dari yang terkecil.
|
||||
3.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan
pecahan sederhana
|
|
Soal
cerita yang berhubungan dengan pecahan
|
·
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan bilangan pecahan
dalam bentuk soal cerita.
|
||
|
|||||
·
Siswa dapat menentukan hasil pengurangan bilangan pecahan
dalam bentuk soal cerita.
|
|||||
·
Siswa dapat membandingkan bilangan pecahan dalam bentuk
soal cerita.
|
|||||
·
Siswa dapat mengurutkan bilangan pecahan dalam bentuk soal
cerita.
|
|||||
4
|
Geometri dan Pengukuran
Memahami unsur
dan sifat-sifat bangun datar sederhana
4.1
Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau
unsurnya
|
III/2
|
Sifat dan
unsur bangun datar sederhana
|
·
Siswa
dapat menentukan nama bangun datar yang ditentukan
sifat-sifatnya.
|
|
·
Siswa
dapat menentukan unsur bangun datar sederhana.
|
|||||
4.2
Mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut
|
|
Mengidentifikasi
jenis dan besar sudut
|
·
Siswa
dapat menentukan besar sudut dari satu jenis sudut yang disajikan.
|
||
·
Disajikan
gambar sudut siswa dapat menentukan urutan besar sudut dari yang besar.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan jenis sudut
|
|||||
5
|
Menghitung
keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
5.1 Menghitung
keliling persegi dan persegi panjang
|
III/2
|
Keliling
persegi panjang dan persegi
|
·
Disajikan gambar persegi panjang beserta ukuran siswa dapat menentukan kelilingnya.
|
|
·
Siswa
dapat menentukan keliling persegi jika
diketahui panjang sisinya.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan panjang persegi panjang yang diketahui lebar dan
kelilingnya.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan panjang sisi
persegi jika diketahui
kelilingnya.
|
|||||
|
5.2 Menghitung
luas persegi dan persegi panjang
|
|
Luas
persegi panjang dan persegi panjang
|
·
Disajikan
gambar persegi panjang siswa
dapat menentukan luas persegi panjang.
|
|
·
Siswa
dapat menentukan luas persegi panjang jika ditentukan ukurannya.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan luas persegi jika diketahui panjang sisinya.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan luas persegi jika ditentukan
kelilingnya.
|
|||||
|
5.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
keliling, luas persegi dan persegi panjang
|
|
Soal
cerita berhubungan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
|
·
Siswa
dapat menentukan keliling persegi panjang dalam bentuk soal cerita.
|
|
·
Siswa
dapat menentukan keliling persegi dalam bentuk soal cerita.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan luas persegi panjang dalam bentuk soal cerita.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan luas persegi dalam bentuk soal cerita.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan luas persegi panjang jika diketahui panjang dan kelilingnya
dalam bentuk soal cerita.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan luas persegi jika diketahui kelilingnya dalam bentuk soal cerita.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Salam sejahtera untuk semua, anak-anak yang terkasih untuk memajukan blog yang pak Thomas buat untuk anak-anak silahkan memberikan komentar atau pesan untuk temannya juga boleh. Caranya memilih anonymous atau kalau sudah punya blog silahkan dengan namanya sendiri. salam dari Pak Thomas