Ayo pilih !

Jumat, 07 Juni 2013

KISI KISI UUB KOTA YOGYAKARTA Tahun 2012-2013

Mata Pelajran IPA


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Memahami ciri-ciri kebutuhan mahluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada mahluk hidup.
1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup

1.2 Menggolongkan mahluk hidup secara sederhana


1.3 Mendeskripsikan perubahab yang terjadi pada mahluk hidup dan hal-hal yag mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat, dan olahraga)
·         Siswa dapat menyebutkan salah satu ciri makhluk hidup


Siswa dapat menyebutkan  nama hewan yang berkembangbiak dengan bertelur


·         S Siswa dapat menyebutkan tanda pertumbuhan pada tumbuhan
·         Siswa dapat menyebutkan manfaat makanan bergisi seimbang
2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan ligkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.

2.2 Mendiskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.

2.3 Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar.
·         Siswa dapat menyebutkan letak  lingkungan rumah yang sehat



·         Disajikan gambar, Siswa dapat menyebutkan akibat yang ditimbulkan mandi di sungai yang kotor


·         Disajikan gambar, Siswa dapat menyebutkan fungsi alat kebersihan

·         Siswa dapat menjelaskan cara mengurangi pencemaran udara

3. Memahami sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan, meliputi benda padat, cair, dan gas.

3.2 Mendiskrispsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat pembakaran, pemanasan, dan diletakkan diudara terbuka.

3.3 Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan kertas.
·         Disajikan gambar, Siswa dapat membuktikan salah satu sifat benda cair.



·         Siswa dapat menjelaskan perubahan sifat benda cair.

·         Siswa dapat menyebtkan perubahan sifat pada kayu yang dibakar.


·         Siswa dapat menyebutkan manfaat benda plastik.
4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi.

















































5. enerapkan konsep energy gerak




6. memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
4.1 Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran.
















4.2 Mendiskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari.
















4.3 Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya.









5.1 Menerapkan cara menghemat energy dalam kehidupan sehari-hari



6.1 Mendiskripsikan penampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar









6.2 Menjelaskan hubungan antar awan dan cuaca




6.3 Mendiskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia

6.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar

·         Siswa dapat menyebutkan contoh gerak jatuh
·         Siswa dapat membandingkan kecepatan gerak benda yang dipengaruhi oleh bentuknya

·         Siswa dapat menyebutkan kecepatan gerak benda yang dipengaruhi oleh permukaan yang bergesekan

·         Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan tujuan kaki meja diberi roda

·         Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan kegunaan sungai yang mengalir

·         Siswa dapat menyebutkan penggerak pada PLTA

·         Siswa dapat menyebutkan alat-alat yang menghasilkan energy gerak.

·         Siswa dapat menyebutkan sumber bunyi

·         Disajikan gambar siswa dapat menyebutkan energy yang tersimpan dalam akumulator

·         Siswa dapat menyebutkan bahan bakar kompor sumbu

·         Siswa dapat menyebutkan fungsi energy angina

·         Siswa dapat menjelaskan perubahan energy pada seterika

·         Siswa dapat menyebutakan sumber energy panas dan cahaya terbesar di bumi

·         Siswa dapat menyebutkan sumber energy yang dapat menggerakkan organ-organ tubuh manusia

·         Siswa dapat menyebutkan contoh benda yang dapat menimbulkan energy bunyi

·         Siswa dapat menjelaskan cara menghemat listrik

·         Siswa dapat menjelaskan cara menghemat air

·         Siswa dapat menyebutkan permukaan bumi

·         Siswa dapat menyebutkan wilayah sebaran air

·         Siswa dapat menyebutkan bentuk bumi

·         Disajikan gambar siswa dapat menyebutkan nama tiruan bumi

·         Siswa dapat menyebutkan jenis cuaca yang banyak awan

·         Disajikan gambar siswa dapat menyebutkan arti symbol cuaca


·         Siswa dapat menyebutkan jenis musim


·         Siswa dapat menyebutkan sumber daya alam yang dapat diperbarui

  • Disajikan table siswa dapat menyebutkan nama makanan yang berasal dari tumbuhan
  • Siswa dapat menyebutkan akibat hutan yang gundul
  • Siswa dapat menyebutkan cara memelihara dan menjaga kelestarian lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salam sejahtera untuk semua, anak-anak yang terkasih untuk memajukan blog yang pak Thomas buat untuk anak-anak silahkan memberikan komentar atau pesan untuk temannya juga boleh. Caranya memilih anonymous atau kalau sudah punya blog silahkan dengan namanya sendiri. salam dari Pak Thomas