STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
1. Memahami
ciri-ciri kebutuhan mahluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan
pada mahluk hidup.
|
1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup
1.2
Menggolongkan mahluk hidup secara sederhana
1.3
Mendeskripsikan perubahab yang terjadi pada mahluk hidup dan hal-hal yag
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (makanan, kesehatan, rekreasi,
istirahat, dan olahraga)
|
·
Siswa
dapat menyebutkan salah satu ciri makhluk hidup
Siswa dapat menyebutkan nama hewan yang berkembangbiak dengan
bertelur
·
S Siswa
dapat menyebutkan tanda pertumbuhan pada tumbuhan
·
Siswa
dapat menyebutkan manfaat makanan bergisi seimbang
|
2. Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan.
|
2.1 Membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan ligkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
2.2 Mendiskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
2.3
Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar.
|
·
Siswa
dapat menyebutkan letak lingkungan
rumah yang sehat
·
Disajikan
gambar, Siswa dapat menyebutkan akibat yang ditimbulkan mandi di sungai yang
kotor
·
Disajikan
gambar, Siswa dapat menyebutkan fungsi alat kebersihan
·
Siswa
dapat menjelaskan cara mengurangi pencemaran udara
|
3. Memahami
sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1
Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan, meliputi benda
padat, cair, dan gas.
3.2
Mendiskrispsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa)
yang dapat diamati akibat pembakaran, pemanasan, dan diletakkan diudara
terbuka.
3.3
Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan kertas.
|
·
Disajikan
gambar, Siswa dapat membuktikan salah satu sifat benda cair.
·
Siswa
dapat menjelaskan perubahan sifat benda cair.
·
Siswa
dapat menyebtkan perubahan sifat pada kayu yang dibakar.
·
Siswa dapat
menyebutkan manfaat benda plastik.
|
4. Memahami
berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi.
5. enerapkan konsep energy gerak
6. memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi
manusia serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan
alam
|
4.1
Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan
ukuran.
4.2 Mendiskripsikan
hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam
kehidupan sehari-hari.
4.3
Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya.
5.1 Menerapkan cara menghemat energy dalam kehidupan sehari-hari
6.1 Mendiskripsikan penampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar
6.2 Menjelaskan hubungan antar awan dan cuaca
6.3 Mendiskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
6.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan
alam di lingkungan sekitar
|
·
Siswa
dapat menyebutkan contoh gerak jatuh
·
Siswa
dapat membandingkan kecepatan gerak benda yang dipengaruhi oleh bentuknya
·
Siswa
dapat menyebutkan kecepatan gerak benda yang dipengaruhi oleh permukaan yang
bergesekan
·
Disajikan
gambar, siswa dapat menyebutkan tujuan kaki meja diberi roda
·
Disajikan
gambar, siswa dapat menyebutkan kegunaan sungai yang mengalir
·
Siswa
dapat menyebutkan penggerak pada PLTA
·
Siswa
dapat menyebutkan alat-alat yang menghasilkan energy gerak.
·
Siswa
dapat menyebutkan sumber bunyi
·
Disajikan
gambar siswa dapat menyebutkan energy yang tersimpan dalam akumulator
·
Siswa
dapat menyebutkan bahan bakar kompor sumbu
·
Siswa
dapat menyebutkan fungsi energy angina
·
Siswa
dapat menjelaskan perubahan energy pada seterika
·
Siswa
dapat menyebutakan sumber energy panas dan cahaya terbesar di bumi
·
Siswa
dapat menyebutkan sumber energy yang dapat menggerakkan organ-organ tubuh
manusia
·
Siswa
dapat menyebutkan contoh benda yang dapat menimbulkan energy bunyi
·
Siswa
dapat menjelaskan cara menghemat listrik
·
Siswa
dapat menjelaskan cara menghemat air
·
Siswa
dapat menyebutkan permukaan bumi
·
Siswa
dapat menyebutkan wilayah sebaran air
·
Siswa dapat
menyebutkan bentuk bumi
·
Disajikan
gambar siswa dapat menyebutkan nama tiruan bumi
·
Siswa
dapat menyebutkan jenis cuaca yang banyak awan
·
Disajikan
gambar siswa dapat menyebutkan arti symbol cuaca
·
Siswa
dapat menyebutkan jenis musim
·
Siswa
dapat menyebutkan sumber daya alam yang dapat diperbarui
|
Jumat, 07 Juni 2013
KISI KISI UUB KOTA YOGYAKARTA Tahun 2012-2013
Mata Pelajran IPA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Salam sejahtera untuk semua, anak-anak yang terkasih untuk memajukan blog yang pak Thomas buat untuk anak-anak silahkan memberikan komentar atau pesan untuk temannya juga boleh. Caranya memilih anonymous atau kalau sudah punya blog silahkan dengan namanya sendiri. salam dari Pak Thomas