Ayo pilih !

Jumat, 07 Juni 2013

KISI KISI UUB KOTA YOGYAKARTA Tahun 2012-2013

Mata Pelajran IPA


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Memahami ciri-ciri kebutuhan mahluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada mahluk hidup.
1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup

1.2 Menggolongkan mahluk hidup secara sederhana


1.3 Mendeskripsikan perubahab yang terjadi pada mahluk hidup dan hal-hal yag mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat, dan olahraga)
·         Siswa dapat menyebutkan salah satu ciri makhluk hidup


Siswa dapat menyebutkan  nama hewan yang berkembangbiak dengan bertelur


·         S Siswa dapat menyebutkan tanda pertumbuhan pada tumbuhan
·         Siswa dapat menyebutkan manfaat makanan bergisi seimbang
2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan ligkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.

2.2 Mendiskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.

2.3 Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar.
·         Siswa dapat menyebutkan letak  lingkungan rumah yang sehat



·         Disajikan gambar, Siswa dapat menyebutkan akibat yang ditimbulkan mandi di sungai yang kotor


·         Disajikan gambar, Siswa dapat menyebutkan fungsi alat kebersihan

·         Siswa dapat menjelaskan cara mengurangi pencemaran udara

3. Memahami sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan, meliputi benda padat, cair, dan gas.

3.2 Mendiskrispsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat pembakaran, pemanasan, dan diletakkan diudara terbuka.

3.3 Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan kertas.
·         Disajikan gambar, Siswa dapat membuktikan salah satu sifat benda cair.



·         Siswa dapat menjelaskan perubahan sifat benda cair.

·         Siswa dapat menyebtkan perubahan sifat pada kayu yang dibakar.


·         Siswa dapat menyebutkan manfaat benda plastik.
4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi.

















































5. enerapkan konsep energy gerak




6. memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
4.1 Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran.
















4.2 Mendiskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari.
















4.3 Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya.









5.1 Menerapkan cara menghemat energy dalam kehidupan sehari-hari



6.1 Mendiskripsikan penampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar









6.2 Menjelaskan hubungan antar awan dan cuaca




6.3 Mendiskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia

6.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar

·         Siswa dapat menyebutkan contoh gerak jatuh
·         Siswa dapat membandingkan kecepatan gerak benda yang dipengaruhi oleh bentuknya

·         Siswa dapat menyebutkan kecepatan gerak benda yang dipengaruhi oleh permukaan yang bergesekan

·         Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan tujuan kaki meja diberi roda

·         Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan kegunaan sungai yang mengalir

·         Siswa dapat menyebutkan penggerak pada PLTA

·         Siswa dapat menyebutkan alat-alat yang menghasilkan energy gerak.

·         Siswa dapat menyebutkan sumber bunyi

·         Disajikan gambar siswa dapat menyebutkan energy yang tersimpan dalam akumulator

·         Siswa dapat menyebutkan bahan bakar kompor sumbu

·         Siswa dapat menyebutkan fungsi energy angina

·         Siswa dapat menjelaskan perubahan energy pada seterika

·         Siswa dapat menyebutakan sumber energy panas dan cahaya terbesar di bumi

·         Siswa dapat menyebutkan sumber energy yang dapat menggerakkan organ-organ tubuh manusia

·         Siswa dapat menyebutkan contoh benda yang dapat menimbulkan energy bunyi

·         Siswa dapat menjelaskan cara menghemat listrik

·         Siswa dapat menjelaskan cara menghemat air

·         Siswa dapat menyebutkan permukaan bumi

·         Siswa dapat menyebutkan wilayah sebaran air

·         Siswa dapat menyebutkan bentuk bumi

·         Disajikan gambar siswa dapat menyebutkan nama tiruan bumi

·         Siswa dapat menyebutkan jenis cuaca yang banyak awan

·         Disajikan gambar siswa dapat menyebutkan arti symbol cuaca


·         Siswa dapat menyebutkan jenis musim


·         Siswa dapat menyebutkan sumber daya alam yang dapat diperbarui

  • Disajikan table siswa dapat menyebutkan nama makanan yang berasal dari tumbuhan
  • Siswa dapat menyebutkan akibat hutan yang gundul
  • Siswa dapat menyebutkan cara memelihara dan menjaga kelestarian lingkungan

KISI KISI UUB DINAS KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2012-2013



KISI-KISI SOAL
Jenjang           :  SD                                                                                                                   KurikulumAcuan       :Standar Isi /2006
Mata Pelajaran :  Matematika                                                                                                       Bentuk/JumlahSoal  : Pilihan Ganda/40
Kelas               :  


No
Standar Kompetensi/        KompetensiDasar
Kelas/ Semester
Materi/  Kompetensi yang Diujikan
Indikator

1
Bilangan
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
1.1.  Menentukan letak bilangan pada garis bilangan

III/1




Menentukan letak  bilangan pada garis bilangan






·         Siswa dapat menentukan letak suatu bilangan pada garis bilangan  yang belum diketahui.( loncat 6)

1.2 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga angka


Penjumlahan bilangan tiga angka menyimpan satu kali.
·         Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan tiga angka dengan sekali menyimpan

Penjumalahan dan pengurangan bilangan tiga angka
·         Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga angka.

1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan  tiga angka dan pembagian  bilangan  tiga angka


Perkalian bilangan dua angka dengan dua angka
·         Siswa dapat menentukan  hasil perkalian bilangan dua angka dengan bilangan dua angka yang hasil tiga angka.

Pembagian bilangan tiga angka
·         Siswa dapat menentukan  hasil pembagian bilangan tiga angka.

1.4 Melakukan operasi hitung campuran


Operasi hitung campuran
·         Siswa dapat menentukan hasil  operasi hitung campuran yang terdiri dari penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. (hasil kurang dari 500)


·         Siswa dapat menentukan hasil  operasi hitung campuran yang terdiri dari pengurangan, perkalian dan pembagian. (hasil kurang dari 500)


1.5 Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang


Menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan uang
·         Siswa dapat menentukan  hasil penjumlahan  nilai mata uang dalam  bentuk soal cerita.

2
Geometri dan Pengukuran
Menggunakan  pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
2.1 Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
III/1







Mrngenal alat ukur berdasarkan fungsinya







·         Siswa dapat memilih alat ukur panjang sesuai dengan fungsinya

2.2. Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah


Menggunakan alat ukur waktu dalam pemecahan masalah.
·         Disajikan gambar jam siswa dapat menentukan lama kegiatan.

2.3 Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat


Hubungan antar satuan waktu
·         Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dua satuan waktu.


Hubungan antar satuan berat
·         Siswa dapat menentukan hasil pengurangan dua satuan berat dalam bentuk soal cerita.


3
Bilangan
Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
3.1   Mengenal  pecahan sederhana
III/2






Mengenal lambang bilangan pecahan sederhana






·         Siswa dapat menentukan  lambang bilangan pecahan sederhana dari bagian gambar yang diarsir.

·         Siswa dapat menentukan gambar yang menggambarkan nilai pecahan tertentu.

3.2   Membandingkan pecahan sederhana


Perbandingan lambang bilangan pecahan
·         Siswa dapat membandingan beberapa lambang bilangan pecahan yang berbeda penyebutnya.

·         Disajikan 3 gambar siswa dapat membandingkan pecahan sederhana.

Mengurutkan lambang bilangan pecahan
·         Siswa dapat mengurutkan 4 bilangan pecahan yang berpenyebut sama dari yang terkecil.

3.3   Memecahkan  masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana


Soal cerita yang berhubungan dengan pecahan
·         Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan bilangan pecahan dalam bentuk soal cerita.



·         Siswa dapat menentukan hasil pengurangan bilangan pecahan dalam bentuk soal cerita.

·         Siswa dapat membandingkan bilangan pecahan dalam bentuk soal cerita.

·         Siswa dapat mengurutkan bilangan pecahan dalam bentuk soal cerita.


4
Geometri dan Pengukuran
Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
4.1   Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya
III/2






Sifat dan unsur bangun datar sederhana






·         Siswa dapat menentukan nama bangun datar yang ditentukan sifat-sifatnya.

·         Siswa dapat menentukan unsur bangun datar sederhana.

4.2   Mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut

Mengidentifikasi jenis dan besar  sudut
·         Siswa dapat menentukan besar sudut dari satu jenis sudut yang disajikan.

·         Disajikan gambar sudut siswa dapat menentukan urutan besar sudut dari yang besar.

·         Siswa dapat menentukan jenis sudut

5
Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya  dalam pemecahan masalah
5.1   Menghitung keliling persegi dan persegi panjang

III/2
Keliling persegi panjang dan persegi
·         Disajikan gambar persegi panjang beserta ukuran siswa dapat menentukan kelilingnya.

·         Siswa dapat menentukan keliling  persegi jika diketahui panjang  sisinya.

·         Siswa dapat menentukan panjang persegi panjang yang diketahui lebar dan kelilingnya.

·         Siswa dapat menentukan panjang sisi persegi jika diketahui kelilingnya.



5.2   Menghitung luas persegi dan persegi panjang


Luas persegi panjang dan persegi panjang
·         Disajikan gambar persegi panjang siswa dapat menentukan luas persegi panjang.


·         Siswa dapat menentukan luas persegi panjang jika ditentukan ukurannya.

·         Siswa dapat menentukan luas persegi jika diketahui panjang  sisinya.

·         Siswa dapat menentukan luas persegi jika ditentukan kelilingnya.


5.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang

Soal cerita berhubungan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
·         Siswa dapat menentukan keliling persegi panjang dalam bentuk soal cerita.

·         Siswa dapat menentukan keliling persegi dalam bentuk soal cerita.


·         Siswa dapat menentukan luas persegi panjang dalam bentuk soal cerita.

·         Siswa dapat menentukan luas persegi dalam bentuk soal cerita.

·         Siswa dapat menentukan luas persegi panjang jika diketahui panjang dan kelilingnya dalam bentuk soal cerita.

·         Siswa dapat menentukan luas persegi jika diketahui kelilingnya dalam bentuk soal cerita.