STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
1. Memahami
ciri-ciri kebutuhan mahluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan
pada mahluk hidup.
|
1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup
1.2
Menggolongkan mahluk hidup secara sederhana
1.3
Mendeskripsikan perubahab yang terjadi pada mahluk hidup dan hal-hal yag
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (makanan, kesehatan, rekreasi,
istirahat, dan olahraga)
|
·
Siswa
dapat menyebutkan salah satu ciri makhluk hidup
Siswa dapat menyebutkan nama hewan yang berkembangbiak dengan
bertelur
·
S Siswa
dapat menyebutkan tanda pertumbuhan pada tumbuhan
·
Siswa
dapat menyebutkan manfaat makanan bergisi seimbang
|
2. Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan.
|
2.1 Membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan ligkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
2.2 Mendiskripsikan
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
2.3
Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar.
|
·
Siswa
dapat menyebutkan letak lingkungan
rumah yang sehat
·
Disajikan
gambar, Siswa dapat menyebutkan akibat yang ditimbulkan mandi di sungai yang
kotor
·
Disajikan
gambar, Siswa dapat menyebutkan fungsi alat kebersihan
·
Siswa
dapat menjelaskan cara mengurangi pencemaran udara
|
3. Memahami
sifat-sifat perubahan sifat benda dan kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1
Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan, meliputi benda
padat, cair, dan gas.
3.2
Mendiskrispsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa)
yang dapat diamati akibat pembakaran, pemanasan, dan diletakkan diudara
terbuka.
3.3
Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan kertas.
|
·
Disajikan
gambar, Siswa dapat membuktikan salah satu sifat benda cair.
·
Siswa
dapat menjelaskan perubahan sifat benda cair.
·
Siswa
dapat menyebtkan perubahan sifat pada kayu yang dibakar.
·
Siswa dapat
menyebutkan manfaat benda plastik.
|
4. Memahami
berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi.
5. enerapkan konsep energy gerak
6. memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi
manusia serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan
alam
|
4.1
Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan
ukuran.
4.2 Mendiskripsikan
hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam
kehidupan sehari-hari.
4.3
Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya.
5.1 Menerapkan cara menghemat energy dalam kehidupan sehari-hari
6.1 Mendiskripsikan penampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar
6.2 Menjelaskan hubungan antar awan dan cuaca
6.3 Mendiskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
6.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan
alam di lingkungan sekitar
|
·
Siswa
dapat menyebutkan contoh gerak jatuh
·
Siswa
dapat membandingkan kecepatan gerak benda yang dipengaruhi oleh bentuknya
·
Siswa
dapat menyebutkan kecepatan gerak benda yang dipengaruhi oleh permukaan yang
bergesekan
·
Disajikan
gambar, siswa dapat menyebutkan tujuan kaki meja diberi roda
·
Disajikan
gambar, siswa dapat menyebutkan kegunaan sungai yang mengalir
·
Siswa
dapat menyebutkan penggerak pada PLTA
·
Siswa
dapat menyebutkan alat-alat yang menghasilkan energy gerak.
·
Siswa
dapat menyebutkan sumber bunyi
·
Disajikan
gambar siswa dapat menyebutkan energy yang tersimpan dalam akumulator
·
Siswa
dapat menyebutkan bahan bakar kompor sumbu
·
Siswa
dapat menyebutkan fungsi energy angina
·
Siswa
dapat menjelaskan perubahan energy pada seterika
·
Siswa
dapat menyebutakan sumber energy panas dan cahaya terbesar di bumi
·
Siswa
dapat menyebutkan sumber energy yang dapat menggerakkan organ-organ tubuh
manusia
·
Siswa
dapat menyebutkan contoh benda yang dapat menimbulkan energy bunyi
·
Siswa
dapat menjelaskan cara menghemat listrik
·
Siswa
dapat menjelaskan cara menghemat air
·
Siswa
dapat menyebutkan permukaan bumi
·
Siswa
dapat menyebutkan wilayah sebaran air
·
Siswa dapat
menyebutkan bentuk bumi
·
Disajikan
gambar siswa dapat menyebutkan nama tiruan bumi
·
Siswa
dapat menyebutkan jenis cuaca yang banyak awan
·
Disajikan
gambar siswa dapat menyebutkan arti symbol cuaca
·
Siswa
dapat menyebutkan jenis musim
·
Siswa
dapat menyebutkan sumber daya alam yang dapat diperbarui
|
Jumat, 07 Juni 2013
KISI KISI UUB KOTA YOGYAKARTA Tahun 2012-2013
Mata Pelajran IPA
KISI KISI UUB DINAS KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2012-2013
KISI-KISI SOAL
Jenjang
: SD KurikulumAcuan :Standar Isi /2006
Mata
Pelajaran : Matematika Bentuk/JumlahSoal : Pilihan Ganda/40
Kelas
:
No
|
Standar Kompetensi/ KompetensiDasar
|
Kelas/
Semester
|
Materi/ Kompetensi yang
Diujikan
|
Indikator
|
|
1
|
Bilangan
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
1.1. Menentukan
letak bilangan pada garis bilangan
|
Menentukan
letak bilangan pada garis bilangan
|
·
Siswa
dapat menentukan letak suatu bilangan
pada garis bilangan yang belum
diketahui.(
loncat 6)
|
||
1.2 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga
angka
|
|
Penjumlahan
bilangan tiga angka menyimpan satu kali.
|
·
Siswa
dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan tiga angka dengan
sekali menyimpan
|
||
Penjumalahan
dan pengurangan bilangan tiga angka
|
·
Siswa
dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga angka.
|
||||
1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
|
|
Perkalian
bilangan dua angka dengan dua angka
|
·
Siswa
dapat menentukan hasil perkalian
bilangan dua angka dengan bilangan dua angka yang hasil tiga angka.
|
||
Pembagian
bilangan tiga angka
|
·
Siswa
dapat menentukan hasil pembagian
bilangan tiga angka.
|
||||
1.4 Melakukan operasi hitung campuran
|
|
Operasi
hitung campuran
|
·
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran yang terdiri dari
penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. (hasil kurang
dari 500)
|
||
|
·
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran yang terdiri dari
pengurangan, perkalian dan pembagian. (hasil kurang dari 500)
|
||||
|
1.5 Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang
berkaitan dengan uang
|
|
Menyelesaikan
soal cerita berkaitan dengan uang
|
·
Siswa
dapat menentukan hasil penjumlahan nilai mata uang dalam bentuk soal cerita.
|
|
2
|
Geometri dan Pengukuran
Menggunakan
pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
2.1 Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran,
timbangan, atau jam)
|
III/1
|
Mrngenal
alat ukur berdasarkan fungsinya
|
·
Siswa
dapat memilih alat ukur panjang sesuai dengan fungsinya
|
|
2.2. Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
|
|
Menggunakan
alat ukur waktu dalam
pemecahan masalah.
|
·
Disajikan gambar jam siswa dapat menentukan lama kegiatan.
|
||
2.3 Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan
panjang, dan antar satuan berat
|
|
Hubungan
antar satuan waktu
|
·
Siswa
dapat menentukan hasil penjumlahan dua satuan waktu.
|
||
Hubungan
antar satuan berat
|
·
Siswa
dapat menentukan hasil pengurangan dua satuan berat dalam bentuk soal cerita.
|
||||
3
|
Bilangan
Memahami
pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
3.1
Mengenal pecahan sederhana
|
III/2
|
Mengenal
lambang bilangan pecahan sederhana
|
·
Siswa
dapat menentukan lambang bilangan
pecahan sederhana dari bagian gambar yang diarsir.
|
|
·
Siswa dapat menentukan gambar yang menggambarkan nilai pecahan tertentu.
|
|||||
3.2
Membandingkan pecahan sederhana
|
|
Perbandingan
lambang bilangan pecahan
|
·
Siswa
dapat membandingan beberapa lambang bilangan pecahan yang berbeda
penyebutnya.
|
||
·
Disajikan
3 gambar siswa dapat membandingkan pecahan sederhana.
|
|||||
Mengurutkan
lambang bilangan pecahan
|
·
Siswa dapat mengurutkan 4 bilangan pecahan yang berpenyebut
sama dari yang terkecil.
|
||||
3.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan
pecahan sederhana
|
|
Soal
cerita yang berhubungan dengan pecahan
|
·
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan bilangan pecahan
dalam bentuk soal cerita.
|
||
|
|||||
·
Siswa dapat menentukan hasil pengurangan bilangan pecahan
dalam bentuk soal cerita.
|
|||||
·
Siswa dapat membandingkan bilangan pecahan dalam bentuk
soal cerita.
|
|||||
·
Siswa dapat mengurutkan bilangan pecahan dalam bentuk soal
cerita.
|
|||||
4
|
Geometri dan Pengukuran
Memahami unsur
dan sifat-sifat bangun datar sederhana
4.1
Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau
unsurnya
|
III/2
|
Sifat dan
unsur bangun datar sederhana
|
·
Siswa
dapat menentukan nama bangun datar yang ditentukan
sifat-sifatnya.
|
|
·
Siswa
dapat menentukan unsur bangun datar sederhana.
|
|||||
4.2
Mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut
|
|
Mengidentifikasi
jenis dan besar sudut
|
·
Siswa
dapat menentukan besar sudut dari satu jenis sudut yang disajikan.
|
||
·
Disajikan
gambar sudut siswa dapat menentukan urutan besar sudut dari yang besar.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan jenis sudut
|
|||||
5
|
Menghitung
keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
5.1 Menghitung
keliling persegi dan persegi panjang
|
III/2
|
Keliling
persegi panjang dan persegi
|
·
Disajikan gambar persegi panjang beserta ukuran siswa dapat menentukan kelilingnya.
|
|
·
Siswa
dapat menentukan keliling persegi jika
diketahui panjang sisinya.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan panjang persegi panjang yang diketahui lebar dan
kelilingnya.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan panjang sisi
persegi jika diketahui
kelilingnya.
|
|||||
|
5.2 Menghitung
luas persegi dan persegi panjang
|
|
Luas
persegi panjang dan persegi panjang
|
·
Disajikan
gambar persegi panjang siswa
dapat menentukan luas persegi panjang.
|
|
·
Siswa
dapat menentukan luas persegi panjang jika ditentukan ukurannya.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan luas persegi jika diketahui panjang sisinya.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan luas persegi jika ditentukan
kelilingnya.
|
|||||
|
5.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
keliling, luas persegi dan persegi panjang
|
|
Soal
cerita berhubungan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
|
·
Siswa
dapat menentukan keliling persegi panjang dalam bentuk soal cerita.
|
|
·
Siswa
dapat menentukan keliling persegi dalam bentuk soal cerita.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan luas persegi panjang dalam bentuk soal cerita.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan luas persegi dalam bentuk soal cerita.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan luas persegi panjang jika diketahui panjang dan kelilingnya
dalam bentuk soal cerita.
|
|||||
·
Siswa
dapat menentukan luas persegi jika diketahui kelilingnya dalam bentuk soal cerita.
|
Langganan:
Postingan (Atom)