Ayo pilih !

Jumat, 07 Juni 2013

KISI KISI UUB DINAS KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2012-2013



KISI-KISI SOAL
Jenjang           :  SD                                                                                                                   KurikulumAcuan       :Standar Isi /2006
Mata Pelajaran :  Matematika                                                                                                       Bentuk/JumlahSoal  : Pilihan Ganda/40
Kelas               :  


No
Standar Kompetensi/        KompetensiDasar
Kelas/ Semester
Materi/  Kompetensi yang Diujikan
Indikator

1
Bilangan
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
1.1.  Menentukan letak bilangan pada garis bilangan

III/1




Menentukan letak  bilangan pada garis bilangan






·         Siswa dapat menentukan letak suatu bilangan pada garis bilangan  yang belum diketahui.( loncat 6)

1.2 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga angka


Penjumlahan bilangan tiga angka menyimpan satu kali.
·         Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan tiga angka dengan sekali menyimpan

Penjumalahan dan pengurangan bilangan tiga angka
·         Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga angka.

1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan  tiga angka dan pembagian  bilangan  tiga angka


Perkalian bilangan dua angka dengan dua angka
·         Siswa dapat menentukan  hasil perkalian bilangan dua angka dengan bilangan dua angka yang hasil tiga angka.

Pembagian bilangan tiga angka
·         Siswa dapat menentukan  hasil pembagian bilangan tiga angka.

1.4 Melakukan operasi hitung campuran


Operasi hitung campuran
·         Siswa dapat menentukan hasil  operasi hitung campuran yang terdiri dari penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. (hasil kurang dari 500)


·         Siswa dapat menentukan hasil  operasi hitung campuran yang terdiri dari pengurangan, perkalian dan pembagian. (hasil kurang dari 500)


1.5 Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang


Menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan uang
·         Siswa dapat menentukan  hasil penjumlahan  nilai mata uang dalam  bentuk soal cerita.

2
Geometri dan Pengukuran
Menggunakan  pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
2.1 Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
III/1







Mrngenal alat ukur berdasarkan fungsinya







·         Siswa dapat memilih alat ukur panjang sesuai dengan fungsinya

2.2. Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah


Menggunakan alat ukur waktu dalam pemecahan masalah.
·         Disajikan gambar jam siswa dapat menentukan lama kegiatan.

2.3 Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat


Hubungan antar satuan waktu
·         Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dua satuan waktu.


Hubungan antar satuan berat
·         Siswa dapat menentukan hasil pengurangan dua satuan berat dalam bentuk soal cerita.


3
Bilangan
Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
3.1   Mengenal  pecahan sederhana
III/2






Mengenal lambang bilangan pecahan sederhana






·         Siswa dapat menentukan  lambang bilangan pecahan sederhana dari bagian gambar yang diarsir.

·         Siswa dapat menentukan gambar yang menggambarkan nilai pecahan tertentu.

3.2   Membandingkan pecahan sederhana


Perbandingan lambang bilangan pecahan
·         Siswa dapat membandingan beberapa lambang bilangan pecahan yang berbeda penyebutnya.

·         Disajikan 3 gambar siswa dapat membandingkan pecahan sederhana.

Mengurutkan lambang bilangan pecahan
·         Siswa dapat mengurutkan 4 bilangan pecahan yang berpenyebut sama dari yang terkecil.

3.3   Memecahkan  masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana


Soal cerita yang berhubungan dengan pecahan
·         Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan bilangan pecahan dalam bentuk soal cerita.



·         Siswa dapat menentukan hasil pengurangan bilangan pecahan dalam bentuk soal cerita.

·         Siswa dapat membandingkan bilangan pecahan dalam bentuk soal cerita.

·         Siswa dapat mengurutkan bilangan pecahan dalam bentuk soal cerita.


4
Geometri dan Pengukuran
Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
4.1   Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya
III/2






Sifat dan unsur bangun datar sederhana






·         Siswa dapat menentukan nama bangun datar yang ditentukan sifat-sifatnya.

·         Siswa dapat menentukan unsur bangun datar sederhana.

4.2   Mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut

Mengidentifikasi jenis dan besar  sudut
·         Siswa dapat menentukan besar sudut dari satu jenis sudut yang disajikan.

·         Disajikan gambar sudut siswa dapat menentukan urutan besar sudut dari yang besar.

·         Siswa dapat menentukan jenis sudut

5
Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya  dalam pemecahan masalah
5.1   Menghitung keliling persegi dan persegi panjang

III/2
Keliling persegi panjang dan persegi
·         Disajikan gambar persegi panjang beserta ukuran siswa dapat menentukan kelilingnya.

·         Siswa dapat menentukan keliling  persegi jika diketahui panjang  sisinya.

·         Siswa dapat menentukan panjang persegi panjang yang diketahui lebar dan kelilingnya.

·         Siswa dapat menentukan panjang sisi persegi jika diketahui kelilingnya.



5.2   Menghitung luas persegi dan persegi panjang


Luas persegi panjang dan persegi panjang
·         Disajikan gambar persegi panjang siswa dapat menentukan luas persegi panjang.


·         Siswa dapat menentukan luas persegi panjang jika ditentukan ukurannya.

·         Siswa dapat menentukan luas persegi jika diketahui panjang  sisinya.

·         Siswa dapat menentukan luas persegi jika ditentukan kelilingnya.


5.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang

Soal cerita berhubungan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
·         Siswa dapat menentukan keliling persegi panjang dalam bentuk soal cerita.

·         Siswa dapat menentukan keliling persegi dalam bentuk soal cerita.


·         Siswa dapat menentukan luas persegi panjang dalam bentuk soal cerita.

·         Siswa dapat menentukan luas persegi dalam bentuk soal cerita.

·         Siswa dapat menentukan luas persegi panjang jika diketahui panjang dan kelilingnya dalam bentuk soal cerita.

·         Siswa dapat menentukan luas persegi jika diketahui kelilingnya dalam bentuk soal cerita.

Minggu, 07 April 2013

Revisi Urutan Nilai Rata-rata Kelas III (Rapot sementara.)












1
Revisi urutan nilai rata-rata kelas III. Semester genap

Mohon maaf karena edaran tanggal 6 April 2013 terdapat kekeliruan. terimkash atas kerjasamannya




Mezzaluna Angelica Putri











88.5
2 Angela Maria Aletta Putri M 88.0
3 Amelia Mareta Cinta Adesti 87.0
4 Laurencia Lintang Arum P. H. 86.9
5 Ellyana Khizqia Kurniawati 85.7
6 Angelica patricia 85.3
7 Damianus Suryo Wicaksono 85.2
8 Debora Gratia Matakupan 84.6
9 Maria Prima Wana Gratia Divina 83.9
10 Mikael Karhisma Bintang Perdana  83.4
11 Sebastian Wintolo Dwi Wicaksono 83.2
12 Andita Pamungkas 83.2
13 Elisabeth Eka Wana Gratia Divina 82.6
14 Elshaunta Colin Himawan 82.2
15 Aprillia Dwi Puspitasari 81.8
16 Ferdinantyo Widyasto Putro 81.7
17 Rachel Dewi Putri Silalahi 81.3
18 Vincentius Bagus Hermawan Putra 81.1
19 Maria Agnestasya Monica Putri H. 80.4
20 Rachelia Cisya Febriyanti 80.1
21 Jonathan Nadito Noeralim 79.3
22 Octovianus Magnus Cahyo Nugroho 78.6
23 Maria Tasya Perwita Astuti 78.5
24 Ananda Calvin Pratama 78.0
25 Maheswara Fidel Handriaga 77.6
26 Juan Adi Mayhendra 77.5
27 Helena Ovalenza Isdora 77.5
28 Angelique Metta Juvanty 76.9
29 Yonatan Narsius Umbas 75.7

Yogyakarta. 8 April 2013
Wali kelas III


Thomas Heri Supriyono

Selasa, 04 September 2012

CITA CITAKU DI KELAS III

Hem.... ini dia celoteh anakku di Kanisius Kotabaru .....

Namaku Ananda Calvin P, cita cita kelak ingin menjadi pemain sepak bola atau pengusaha. lahir di kota tercinta Yogyakarta,  Usahaku menjadi Pemain sepak bola nasional (TIMNAS) dan aku harus berlatih terus sampai cita-citaku teraih. Juga harus belajar biar pintar dan sekarang ikut tim futsal di Gereja sebagai Straiker, saya bangga sekali karena menjadi pemain futsal dan saya akan tingkatkan berlatih sepakbola lagi sehingga cita-cita ku dapat terwujud. dengan berlatih dan berdoa.


Namaku CALVIN
by tomdhut

Terimakasih Romo, anak-anak SD K Kotabaru dan SD K Wirobrajan serta semua yang mendukung Karyaku di dunia pendidikan. Spesial untuk orang yang selalu ada dalam hatiku. selamat bekerja dan berkat dari Tuhan Jesus.

Selasa, 03 April 2012

TUGAS RUMAH


PKN buku paket halaman 132 (I, II, III, IV)
BAHASA JAWA Buku Paket Bahasa Jawa halaman 75
IPS Buku Praktis Halaman  35-37 dan halaman 43
MATEMATIKA Buku Praktis halaman 42-44 dan halaman 49-51
IPA Buku Praktis Halaman 38-40
B. Indonesia Buku Praktis halaman 44

NB : Pada hari pertama Senin, 16 April 2012 anak-anak datang membawa TELUR PASKAH yang sudah di hias dari rumah (WAJIB) berjumlah satu butir saja. 

P.Thomas 4 April 2012 

Senin, 05 Maret 2012

AKU KAMU BUAT DAN AKU KAMU KERJAKAN

Tugas Online yang anak-anak kerjakan adalah Semua siswa kelas IV A membuat 
  1. Penjumlahan pecahan 2 pecahan dengan penyebut sama 3 soal
  2. Penjumlahan pecahan 3 pecahan dengan penyebut berbeda 2 soal
  3. Pengurangan pecahan 2 pecahan dengan penyebut sama 3 soal
  4. Pengurangan pecahan 3 pecahan dengan penyebut berbeda 2 soal

dikumpulkan sebelum MID semester genap, selamat belajar