Ayo pilih !

Senin, 31 Oktober 2011

Rabu, 26 Oktober 2011

Profil anak

Sepak Bola

Aku Yori aku bercita-cita menjadi pemain sepak bola, aku selalu berlatih dan aku tidak pernah menyerah. aku ingin cita-cita ku tercapai juga bisa tercapai aku akan membuat negara indonesia senang. Selesai pulang sekolah aku berlatih sampai pukul 06.00 sore lalu aku belajar. aku sangat senang jika impian ku terwujud saat impian ku tercapai aku akan mengalahkan Malaysia, Cina, Brazil, Qatar, Inggris dan lain-lainnya. itulah negara-negara yang aku akan kalahkan. aku juga ingin menjadi kapten untuk merebut piala. aku tidak akan menyerah itulah cita-citaku menjadi pemain sepak bola.


Penulis 

Yorian lahir Sleman, 26 Juli 2001 kelas IV a

Senin, 17 Oktober 2011

Pembelajaran Online



Selasa, 18 Oktober 2011

Untuk Tugas Online siswa membuat surat pribadi untuk orang lain mengenai anak-anak saat belajar di rumah, di tujukan kepada Toni Suhendra di Kwarasan Sendang Mulyo Minggir Sleman Yogyakarta 55562

Tanda tangan dan pengirim dari siswa-siswi yang mengirim

Mengerjakan boleh berkelompok tetapi untuk pengumpulan masing-masing individu!
Selamat mengerjakan tugas dan selamat belajar........


Tugas Dikumpulkan hari senin, 24 Oktober 2011 di tempatnya Oky




Silahkan anak-anak baca saja tetang beberapa cerita di bawah ini



Puteri Tidur


Dahulu kala, ada sepasang Raja dan Ratu yang berbahagia, karena setelah bertahun-tahun lamanya, akhirnya Ratu melahirkan seorang Puteri.

Raja dan Ratu mengundang tujuh peri untuk datang dan memberkati Puteri yang baru saja lahir itu.

Dalam acara megah yang diselenggarakan sebagai penghormatan kepada para peri itu, masing-masing peri memberikan berkat kepada sang Puteri.

Peri pertama mengatakan “Kamu akan menjadi Puteri tercantik di dunia.”Peri kedua mengatakan “Kamu akan menjadi seorang Puteri yang periang.”Peri ketiga mengatakan “Kamu akan selalu mendapatkan banyak kasih sayang.”Peri keempat mengatakan “Kamu akan dapat menari dengan sangat anggun.”Peri kelima mengatakan “Kamu akan dapat bernyanyi dengan sangat merdu.”
Peri keenam mengatakan “Kamu akan sangat pintar memainkan alat musik.”

Tiba2 datang peri tua ke tengah acara itu. Ia sangat marah karena tidak diundang. Semua orang memang sudah lama tidak pernah melihat peri tua itu, dan mengira bahwa ia sudah meninggal atau pergi dari kerajaan itu.

Peri tua yang marah itu mendekati sang Puteri dan mengutuknya “Jarimu akan tertusuk jarum pintal dan kamu akan mati!” dan kemudian peri tua itu pun menghilang.

Semua orang sangat terkejut. Ratu pun mulai menangis.

Peri ketujuh mendekati sang Puteri dan memberikan berkatnya “Aku tidak bisa membatalkan kutukan, tapi aku dapat memberikan berkatku supaya Puteri tidak akan mati karena terkena jarum pintal, melainkan hanya tertidur pulas selama seratus tahun. Setelah seratus tahun, seorang Pangeran tampan akan datang untuk membangunkannya.”

Raja dan Ratu merasa sedikit lega mendengarnya. Mereka lalu mengeluarkan peraturan baru bahwa di kerajaan itu tidak boleh ada alat pintal satu pun. Mereka menyita dan menghancurkan semua alat pintal yang ada di kerajaan itu demi selamatan sang Puteri. Pada suatu hari disaat Puteri berusia 18 tahun, Raja dan Ratu pergi sepanjang hari.

Karena kesepian, sang Puteri berjalan-jalan menjelajahi istana dan sampai di sebuah loteng. Disana ia menjumpai seorang wanita tua yang sedang memintal benang menggunakan alat pintal.  Karena belum pernah melihat alat pintal, sang Puteri sangat tertarik dan ingin mencoba. 

Wanita tua itu sebenarnya adalah peri tua jahat yang dulu mengutuknya. Saat sang Puteri mencoba alat pintal itu, ia pun dengan sengaja menusukkan jarum pintal ke tangan sang Puteri.  

Sang Puteri jatuh tak sadarkan diri dan tertidur karena terkena kutukan. Peri tua jahat tertawa puas dan menghilang dalam kegelapan. 

Saat Raja dan Ratu kembali, mereka dan seluruh pegawai kerajaan kebingungan mencari sang Puteri. Saat mereka menemukannya, Raja tersadar bahwa kutukan peri tua jahat telah menjadi kenyataan. Sang Puteri lalu dibawa ke kamarnya dan dibaringkan di tempat tidurnya. Raja lalu mengirimkan kabar mengenai peristiwa itu ke peri ketujuh yang baik hati. 

Peri ketujuh yang baik hati lalu bergegas ke istana. Ia memutuskan untuk menidurkan semua orang di kerajaan itu supaya kelak saat kutukan sang Puteri berakhir mereka semua akan bangun bersama-sama.  

Dalam waktu singkat pohon-pohon besar dan semak belukar yang lebat dan berduri tumbuh di seluruh wilayah kerajaan, sehingga sangat sulit bagi siapapun untuk menerobosnya. Bahkan puncak-puncak istana pun hanya dapat terlihat ujungnya saja. Karena menjadi sangat tertutup, sang Puteri dan seluruh kerajaan menjadi aman, walaupun mereka semua tertidur.  

Setelah masa seratus tahun berakhir, seorang Pangeran tampan yang kebetulan sedang berburu di dekat wilayah kerajaan itu melihat pucuk-pucuk istana itu. Ia sudah banyak mendengar cerita tentang kerajaan itu, antara lain tentang istana yang dianggap berhantu, para penyihir, dan cerita-cerita lain yang sangat menyeramkan yang sebenarnya tidak benar.  

Karena penasaran, saat kembali dari berburu sang Pangeran mencari orang tua yang paling bijaksana dan pintar di kerajaan untuk menanyakan tentang kerajaan tetangga yang penuh misteri itu. 

Orang tua yang bijaksana itu lalu bercerita bahwa menurut leluhurnya, di dalam istana di kerajaan yang misterius itu terbaring seorang Puteri yang paling cantik di dunia, yang tertidur karena terkena kutukan dari peri tua jahat. Sang Puteri akan terus tidur hingga ada seorang Pangeran yang datang untuk membangunkannya.  

Pangeran tampan yang pemberani itu lalu bergegas berangkat menuju kerajaan misterius itu. Ia berniat untuk menyelamatkan sang Puteri. Sang Pangeran berjuang menembus semak belukar dan pepohonan untuk dapat mencapai kedalam wilayah kerajaan yang misterius itu. 

Sesampainya disana, ia melihat banyak sekali orang dan hewan peliharaan yang terbaring dimana-mana. Tetapi mereka tidak mati, sepertinya mereka hanya tertidur sangat nyenyak.  Pangeran lalu masuk ke dalam istana. Disana ia pun melihat seluruh pegawai kerajaan yang tertidur pulas. 

Dongeng Puteri TidurSetelah berjalan-jalan menjelajahi istana itu, sang Pangeran berhasil menemukan sang Puteri di sebuah kamar. Sang Pangeran terpesona oleh kecantikan sang Puteri. Pangeran pun berlutut dan memegang tangan sang Puteri. Saat itulah kutukan berakhir dan sang Puteri membuka matanya. Ia menyambut sang Pangeran yang telah lama ia tunggu dengan bahagia.

Dalam waktu yang bersamaan seluruh penghuni istana dan seluruh kerajaan terbangun. Semak belukar dan pepohonan menghilang. Semua orang kembali mengerjakan urusan mereka masing-masing. Raja dan Ratu juga terbangun dan segera menyambut sang Pangeran dari kerajaan tetangga itu.

Tak lama kemudian, sang Puteri dan sang Pangeran tampan menikah. Mereka lalu hidup berbahagia selamanya.


Dongeng anak populer, "Puteri Tidur" (Sleeping Beauty), disadur dari berbagai sumber



RAJA YANG BODOH



Dahulu kala, ada seorang raja yang pesolek dan sangat suka mengenakan baju-baju baru. Dia banyak menghabiskan waktu hanya untuk memandangi dirinya sendiri di cermin, dan selalu ingin mengenakan baju-baju baru di pagi, siang dan malam hari!! 

Pada suatu hari, datanglah dua orang penipu yang menyamar sebagai pembuat baju yang hebat. Mereka mengaku bahwa mereka pandai menenun dan membuat baju dengan kualitas yang sangat bagus, sampai-sampai kain yang mereka pakai untuk membuat baju tidak akan terlihat, kecuali oleh orang-orang pintar.  

Ketika raja mendengar hal itu, dia sangat tertarik. “Itu bagus, aku bisa tahu siapa saja yang bodoh dan siapa saja yang pintar di kerajaan ini.” Pikirnya. Raja segera memerintah kedua orang itu untuk membuatkan baju baru untuk dirinya, menggunakan bahan kain istimewa itu. Mereka diberi sebuah ruangan khusus di istana, beserta benang-benang emas yang mereka minta. Kedua penipu itu menyembunyikan benang-benang emas yang mereka terima, kemudian berpura-pura sedang bekerja keras untuk membuat sebuah baju. 

Beberapa hari kemudian, raja yang tidak sabar mengutus menteri nya untuk menengok baju istimewa yang sedang dibuat itu. Ketika menteri mengunjungi para penipu yang menyamar itu, ia pun kebingungan. “Aku tidak melihat apa pun disini” pikirnya. Akan tetapi menteri itu tidak mau mengakuinya karena tidak ingin dianggap bodoh. Maka ia pun memuji kedua penipu itu dan mengatakan bahwa baju yang mereka buat sangat indah. Setelah menteri keluar dari ruangan itu, kedua penipu tertawa terbahak-bahak. 

Tak lama kemudian sang raja datang untuk melihat sendiri. Dia berusaha melihat keseluruh ruangan, tapi ia tidak melihat apa pun. Namun, karena tidak ingin dianggap bodoh, raja pun berpura-pura bisa melihat baju yang istimewa itu dan berkata, “Baju yang sangat indah, aku tidak sabar ingin segera memakainya” 

Keesokan harinya adalah hari dimana sang raja akan mengenakan baju barunya pada acara pawai keliling kota. Kedua penipu yang menyamar telah berpamitan dan pergi dengan alasan akan membuatkan baju untuk raja dari kerajaan-kerajaan lain. Tentu saja, mereka tidak lupa membawa benang-benang emas yang telah mereka sembunyikan, beserta uang emas upah membuat baju. 

Saat raja memakai baju barunya, ia tetap saja tidak bisa melihat baju itu, dan ia merasa kedinginan. Tapi karena tidak ingin dibilang bodoh, raja pun berputar-putar di depan cermin dan mengagumi baju barunya, walaupun ia tidak melihat apa-apa. Semua pegawai kerajaan juga mengatakan bahwa baju baru itu sangat indah, karena mereka juga tidak ingin dianggap bodoh.

Seluruh rakyat telah mendengat bahwa raja akan mengenakan baju baru sang spesial hari itu. Saat sang raja muncul, semuanya terkejut. Akan tetapi mereka juga telah mendengar kabar bahwa baju baru yang spesial itu hanya dapat dilihat oleh orang yang pintar saja, dan karena mereka tidak ingin dianggap bodoh, mereka pun berseru-seru memuji sang raja.  

Mendadak terdengar suara anak kecil berteriak, “tetapi, dia kan tidak pakai baju, sang raja telanjang!” Semua terdiam. Raja pun menyadari bahwa anak kecil itu berkata jujur, dan dengan terburu-buru ia berjalan kembali ke istana.


Dongeng anak populer "Raja yang Bodoh", disadur dari berbagai sumber


Minggu, 09 Oktober 2011

Tugas Online Bulan Oktober

TUGAS ONLINE
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN IPS (sejarah)

di poskan Senin, 10 Oktober 2011

Bacalah sejarah di bawah ini kemudian jawablah pertanyaan di bawahnya
Anak-anak hanya menulis jawabannya saja, soal dan cerita boleh dipritn dengan menuliskan sumbernya
ada bebarapa kalimat yang saya ubah dari sumber asli
Dikumnpulkan paling lambat hari Senin, 17 Oktober 2011



Tugu Jogja, Landmark Kota Jogja yang Paling Terkenal

Tugu Jogja merupakan landmark Kota Yogyakarta yang paling terkenal. Monumen ini berada tepat di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro. Tugu Jogja yang berusia hampir 3 abad memiliki makna yang dalam sekaligus menyimpan beberapa rekaman sejarah kota Yogyakarta.
Tugu Jogja kira-kira didirikan setahun setelah Kraton Yogyakarta berdiri. Pada saat awal berdirinya, bangunan ini secara tegas menggambarkan Manunggaling Kawula Gusti, semangat persatuan rakyat dan penguasa untuk melawan penjajahan. Semangat persatuan atau yang disebut golong gilig itu tergambar jelas pada bangunan tugu, tiangnya berbentuk gilig (silinder) dan puncaknya berbentuk golong (bulat), sehingga disebut Tugu Golong-Gilig.
Secara rinci, bangunan Tugu Jogja saat awal dibangun berbentuk tiang silinder yang mengerucut ke atas. Bagian dasarnya berupa pagar yang melingkar sementara bagian puncaknya berbentuk bulat. Ketinggian bangunan tugu pada awalnya mencapai 25 meter.
Semuanya berubah pada tanggal 10 Juni 1867. Gempa yang mengguncang Yogyakarta saat itu membuat bangunan tugu runtuh. Bisa dikatakan, saat tugu runtuh ini merupakan keadaan transisi, sebelum makna persatuan benar-benar tak tercermin pada bangunan tugu.
Keadaan benar-benar berubah pada tahun 1889, saat pemerintah Belanda merenovasi bangunan tugu. Tugu dibuat dengan bentuk persegi dengan tiap sisi dihiasi semacam prasasti yang menunjukkan siapa saja yang terlibat dalam renovasi itu. Bagian puncak tugu tak lagi bulat, tetapi berbentuk kerucut yang runcing. Ketinggian bangunan juga menjadi lebih rendah, hanya setinggi 15 meter atau 10 meter lebih rendah dari bangunan semula. Sejak saat itu, tugu ini disebut juga sebagai De Witt Paal atau Tugu Pal Putih.
Perombakan bangunan itu sebenarnya merupakan taktik Belanda untuk mengikis persatuan antara rakyat dan raja. Namun, melihat perjuangan rakyat dan raja di Yogyakarta yang berlangsung sesudahnya, bisa diketahui bahwa upaya itu tidak berhasil.
Bila anda ingin memandang Tugu Jogja sepuasnya sambil mengenang makna filosofisnya, tersedia bangku yang menghadap ke tugu di pojok Jl. Pangeran Mangkubumi. Pukul 05.00 - 06.00 pagi hari merupakan saat yang tepat, saat udara masih segar dan belum banyak kendaraan bermotor yang lalu lalang. Sesekali mungkin anda akan disapa dengan senyum ramah loper koran yang hendak menuju kantor sirkulasi harian Kedaulatan Rakyat.
Sore hingga tengah malam, ada penjual gudeg (masakan khas Yogyakarta) di pojok Jl. Diponegoro. Gudeg di sini terkenal enak dan harganya wajar. Anda bisa makan secara lesehan sambil menikmati pemandangan ke arah Tugu Jogja yang sedang bermandikan cahaya.
Begitu identiknya Tugu Jogja dengan Kota Yogyakarta, membuat banyak pelajar  perantau mengungkapkan rasa senangnya setelah dinyatakan lulus sekolah dengan memeluk atau mencium Tugu Jogja. Mungkin hal itu juga sebagai ungkapan sayang kepada Kota Yogyakarta yang akan segera ditinggalkannya, sekaligus ikrar bahwa suatu saat nanti ia pasti akan mengunjungi kota tercinta ini lagi.
Naskah: Yunanto Wiji Utomo
Photo & Artistik: Agung Sulistiono Mabruron
Copyright © 2007 YogYES.COM



Pertanyaan 

  1. Berapa usia dari tugu jogjakarta saat ini ?
  2. Makanan apa yang menjadi cir khas kota Jogjakarta?
  3. Manunggaling Kawula Gusti apa artinya?
  4. Tujuan dari belanda apa  untuk merobak tugu jogja?
  5. Pada tanggal berapa kota jogja terkena musibah gempa bumi sehinggu tugu jogja runtuh.




Semangat untuk anak-anak belajar, masih banyak perjuangan anak-anak untuk belajar dan panjang sekali, lihatlah senyum mereka di saat bersama-sama belajar di kelas 4a semoga, anak-anak sukses dalam belajar dan menjadi bangga bersama keluarga tercinta. tomdhut@yahoo.com

Senin, 03 Oktober 2011

Pembelajaran Online Matematika



SOAL TUGAS ONLINE
MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Selasa, 4 Oktober 2011
Catatan : anak-anak menulis jawaban saja tidak dengan soal dikumpulkan hari Senin, 10 oktober 2011, di kertas HVS (soal juga boleh di pritn)

Mengerjakan boleh berkelompok tetapi untuk pengumpulan masing-masing individu!
Selamat mengerjakan tugas dan selamat belajar........
Romawi I dan II cukup isinya saja dan romawi  III menggunakan langkah-langkahnya!


I.                    Lingkarilah ( O ) pada huruf a, b, c, dan d pada jawaban yang paling benar!
1.      25 + 34 = 34 + 25
Siat operasi hitung pada bilangan di atas adalah ….
a.       asosiatif
b.      komutatif
c.       distributif
d.      Campuran

2.      19 + 14 =  n + 19,     n = ….
Nilai n pada sifat operasi bilangan di atas adalah ….
a.       19
b.      20
c.       14
d.      15

3.      (14 x 18) x 12 = 14 x ( 18 x 12 )
Sifat operasi hitung pada bilangan di atas adalah ….
a.       asosiatif
b.      komutatif
c.       distributif
d.      Campuran

4.      9 x ( 12 + 8 ) = ( n x 12 ) + ( 9 x 8 )
Nilai n pada sifat operasi bilangan di atas adalah ….
a.       8
b.      9
c.       10
d.      12

5.      Lambang bilangan dari ”delapan ribu seratus dua puluh enam” adalah ….
a.       8160
b.      8226
c.       8126
d.      8260

6.      Urutan bilangan berikut yang benar mulai dari yang paling kecil ialah ….
a.       2.468 > 2.371 > 2.289 > 2.429
b.      2.468 < 2.371 < 2.289 < 2.429
c.       2.289 > 2.371 > 2.429 >  2.468
d.      2.289 < 2.371 < 2.429 <  2.468

7.      Urutan bilangan berikut yang benar mulai dari yang paling besar ialah ….
a.       2.735 > 2.573 > 2.357 > 3.275
b.      2.735 < 2.573 < 2.357 < 3.275
c.       2.735 > 2.357 > 2.573 > 3.275
d.      2.735 < 2.573 < 2.357 < 3.275

8.      Hasil operasi dari, 3.185 : 5 = ….
a.       635
b.      636
c.       637
d.      638

9.  Hasil operasi dari 23.831 : 4 = ….
a.       5957 sisa 2
b.      5957 sisa 6
c.       5957 sisa 5
d.      5957 sisa 3

10.  Hasil operasi dari, 750 – 145 + 598 = ….
a.       1202
b.      1203
c.       1204
d.      1205

11.  Pak Joko mempuyai 737 ekor ayam, dijual 593 ekor. Kumudian dari kandangnnya menetas 178 ekor ayam. Berapa ekor ayam Pak Joko sekarang ?
a.       322
b.      323
c.       1508
d.      1509

12.  Hasil operasi dari 225 x 25 : 15 = ....
a.       375
b.      378
c.       379
d.      380

13.  Hasil operasi dari 78 x ( 372 + 85 ) = ....
a.       6002
b.      6123
c.       7002
d.      7123
14.  Tentukan hasil ketaksiran tinggi !
24 + 37 = ....
a.       65
b.      75
c.       70
d.      80

15.  Sebuah kertas berukuran panjang 16 cm dan lebar 18 cm. Berapa kira-kira taksiran terbaik ke puluhan terdekat keliling kertas tersebut?
a.       65 cm
b.      75 cm
c.       70 cm
d.      80 cm

16.  50.651 dibaca ….
a.       lima ribu enam ratus lima puluh satu
b.      lima puluh ribu enam ratus lima puluh satu
c.       lima puluh enam ratus lima puluh satu
d.      lima puluh ribu enam  puluh satu


17.  Perbedaan antara 9.673 dan 9.753 terletak pada angka yang menempati ....
a.       ribuan
b.      ratusan
c.       puluhan
d.      satuan

18.  Perbedaan antara 9.673 dan 8.673 terletak pada angka yang menempati ....
a.       ribuan
b.      ratusan
c.       puluhan
d.      satuan

II.                 Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat dan singkat!
  1.  26 + 175 = …. + 26
  2. 29 x …. = 97 x 29
  3.  ( 43 + 125 ) + 45 = …. + (125 + 45 )
  4. 18 x ( 25 x 35 ) = ( …. x 25 ) x 35
  5.   n + 225 = 225 + 75.   Nilai n adalah ....
  6. 625 : 25 = ….
  7. Lambang bilangan dari tiga ratus dua puluh sembilan adalah ….
  8.  Taksiran rendah dari 64 + 29 = ….
  9. Taksiran tinggi dari 72 + 89 = ….
  10. Taksiran terbaik dari 427 – 354 = ….
  11. Rp15.000,00 + Rp10.000,00 + Rp5.000,00 + Rp500,00 Nilai uang seluruhnya adalah ….
  12. Harga barang Rp15.250,00. Dibayar dengan 1 lembar dua puluh ribuan rupiah. Kembaliannya … rupiah.

III.               Kerjakan soal-soal berikut dengan benar!
1.      Sebutkan sifat operasi bilangan di bawah ini ! (skor 4)
a.       50 +135 = 135 + 50
b.      750 x 20 = 20 x 750
c.       ( 20 + 100 ) + 50 = 20 + ( 100 + 50 )
d.      ( 10 + 5 ) x 7 = ( 10 x 5 ) + ( 10 x 7 )
2.      Hitunglah operasi bilangan berikut menggunakan cara bersusun pendek ! (skor 4)
a.       279 x 3
b.      57 x 69
3.      Sebuah toko roti menghasilkan 4.263 kotak dalam satu minggu. Berapa kotak roti yang dihasilkan dalam satu hari ? (skor 4)
4.      Bagas diberi uang untuk membayar uang sekolah oleh ibu sebesar Rp100.000,00.
Dalam kartu pembayaran tertulis
a.       SPP = Rp65.000,00
b.      Tabungan ujian = Rp10.000,00
c.       Les komputer = Rp8.000,00
d.      Tabungan study tour = Rp12.000,00
Berapa rupiah uang pengembaliannya? (skor 5)

5.      Tuliskan nilai tempat pada bilangan berikut ! (skor 3)
a.       765
b.      9.370
c.       573.289